JEEP SHINJIN 1978, No War Experience
JEEP SHINJIN 1978, No War Experience

JIP - Varian Jeep yang diproduksi bekerjasama dengan pabrikan mobil Korea *ini sebenarnya dirancang untuk kebutuhan perang antara Korea Utara dan Korea Selatan. Namun kenyataannya malah kendaraan yang dinamai Jeep Shinjin ini malah sama sekali belum menyentuh medan peperangan.




Karena memang merupakan kolaborasi dengan pabrik Jeep maka jangan heran kalau garis desain bodinya mirip dengan Jeep M38A1. Sungguh beruntung Handy Irawan – penggemar kendaraan 4x4 asal Solo akhirnya bisa memiliki Jeep Shinjin. Gress dari tangan pertama lagi.
“Tadinya pamanku berencana ingin berbisnis dengan menjual Jeep Sinjin di Indonesia. Makanya mengimpor langsung 2 unit dalam kondisi baru. Namun karena sesuatu hal, rencana ini urung dilakukan. Salah satu Jeep Shinjin ini akhirnya aku yang merawat. Hehehehe,” senyum Handy. Semenjak dari kecil Handy memang bercita-cita memiliki jip orisinal dari baru.





Jeep Shinjin berkelir hijau ala tentara ini nyaris tak mengalami sentuhan macam-macam. Paling hanya menghidupkan mesin sebentar agar komponen di dalamnya sedikit berolahraga. “Kalau ingin lihat seperti apa kondisi aslinya Sinjin ya seperti inilah,” bangga pria yang juga doyan berburu ini.
Mencari literatur Jeep Shinjin memang susah apalagi jika dibandingkan dengan line up Jeep lainnya. “Ini memang jip siluman karena riwayat spesifikasinya gelap. Mungkin karena Shinjin Corporation-nya sudah lama bubar,” imbuh Handy. Bila dilihat bodinya sepintas Jeep Shinjin ini mirip dengan Jeep M38A1. Namun kisi-kisi grill depan tidak vertikal bentuknya. Sedangkan beberapa perlengkapan maupun aksesori yang terpasang sama seperti Jeep CJ-5.



Shinjin dengan stir kiri ini dilengkapi beragam keperluan untuk perang. Seperti misalnya dudukan senjata laras panjang, kotak perlengkapan, lampu black out, dan masih banyak lagi pernak-pernik lainnya. Berhubung tidak pernah melalui pengalaman perang, maka pdrforma Shinjin pun tak bisa terpotret. Demikian pula cerita-cerita heroiknya. Barangkali ini juga yang bikin riwayat Shinjin termasuk gelap.
Perjalanan Lahirnya Shinjin
Semenjak Agustus 1955 industri kendaraan Korea dimulai ketika Choi Mu-seong, seorang pengusaha Korea bersama dua saudaranya Choi Hae-seong dan Choi Soon-seong, melakukan perakitan dan modifikasi jip bikinan Amerika. Bodi kendaraan ini dibikin sendiri dari drum bekas oli. Kendaraan ini dikenal dengan julukan Sibal yang artinya baru dimulai.
Kemudian 1960, Shinjing Automobiles meluncurkan Shinjin Publica di bawah licensi pabrik Toyota. Agar industri otomotif lebih berkembang dan terlindungi maka dikeluarkan Automobile Industry Promotion Policy pada 1962. Aturan yang diberlakukan adalah perusahaan kendaraan asing yang ingin masuk ke Korea mesti bekerjasama (joint venture) dengan perusahaan lokal.

Semenjak 1962 paling tidak ada 3 perusahaan kendaraan yang beroperasi di Korea yaitu Kyeongseong Precision Industry, yang akhrinya berganti jadi Kia Industry yang kemudian mulai mengasseembling kendaraan bekerjasama dengan Mazda (1964). Lalu Ha Dong-hwan Automobile Industry Co (kemudian lebih dikenal sebagai SsangYong Motor Company). Kemudian Saenara Automobile yang mendapat bantuan teknik dari Nissan Motor Co.



Asia Motors Company kemudian lahir pada 1965, dan selanjutnya Hyundai Motor Company hadir pada 1968 yang juga bekerjasama bidang teknik dengan Ford Motor Company. Pada 1972 Toyota mengakhiri kerjasama dengan Shinjin Automobile. Shinjin kemudian melanjutkan kerjasama dengan General Motors. Penggabungan ini diberi nama General Motors Korea. Pada 1976 berubah lagi namanya jadi Saehan Motors.




Pada 1981 Shinjin Automobiles berganti nama jadi*Geohwa Company dan diambil alih oleh Dong-A Motor Co. (1985). Masuk tahun 1986 perusahaan ini berganti lagi menjadi SsangYong Motor Company. Adanya beberapakali pergantian kerjasama, nama maupun kepemilikan mungkin jadi salah satu penyebab gelapnya sejarah Shinjin. Apalagi kiprahnya di ajang perang Korea urung dilakukan.
Spesifikasi Teknis
Sasis | : OEM Shinjin 1978 |
Bodi | : OEM Shinjin 1978 |
Mesin | : 4 Silinder Segaris |
Pasokan BBM | : karburator |
Volume | : 3.000 cc |
Girboks | : OEM manual 4 percepatan maju |
Transfer case | : OEM Shinjin |
Gardan | : OEM Shinjin |
Ban | : GoodYear Xtra Grip |
Komentar
Posting Komentar